Kamu yang belum pernah nikah mesti bingung atau tidak tahu form apa saja yang diperlukan untuk mendaftar Nikah di KUA. Biasanya formulir ini disediakan atau dibuatkan oleh pihak Kelurahan atau Desa. Pemohon tinggal menyerahkan Foto Copi KTP, KK dan Akta Kelahiran. Dari Pihak Desa atau Kelurahan yang akan membuatkan form ini sebagai satu paket surat pengantar untuk Nikah. Desa/Kelurhan biasanya sudah dilengkapi dengan sistem SIAK/SIMADE, yaitu sistem administrasi Desa yang terintegrasi dengan sistem Dinas Catatan Sipil, sehingga pihak Desa/ Kelurahan tinggal input nomor NIK maka data kependudukan akan langsung muncul tanpa harus ngetik data satu persatu.

Namun anda bisa membuatnya sendiri kemudian dibawa ke Kelurahan atau Balai Desa untuk dimintakan nomor surat dan tanda tangan serta stempel Kepala Desa/Lurah. Tentu saja anda harus lebih extra hati hati saat membuatnya karena jika ada kesalahan, Kades atau Lurah mungkin tidak bersedia menandatanganinya.

Berikut beberapa Formulir yang bisa Kamu download:

Download dan isi sesuai data yang tercantum pada KTP, KK dan Akta Kelahiran kemudian baru kamu bawa ke Kelurahan atau Balai Desa…

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *